Kamis, 07 Februari 2013

Makalah Penanggulangan Kenakalan Remaja



BAB I
PENDAHULUAN


       A.    LATAR BELAKANG
Pergaulan remaja pada zaman sekarang ini sudah hampir pada taraf mengkhawatirkan. Semua media massa baik elektronik maupun cetak dengan leluasa menampilkan hal-hal yang dapat mengakibatkan kerusakan akhlak generasi muda pada masa sekarng ini.
Dalam makalah ini penulis ingin menampilkan beberapa permasalahan remaja dan pergaulannya. Walaupun sederhana penulis berharap agar makalah ini dapat berguna bagi para pembaca.

      B.     RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang permasalahan diatas, dapat diambil rumusan masalah sebagai berikut :
            1.      “Apa yang dimaksud dengan kenakalan remaja?”
            2.      “Apa saja bentuk-bentuk kenakalan remaja?”
            3.      “Bagaimana ciri-ciri kenakalan remaja?”
            4.      “Apa yang menyebabkan terjadinya kenakalan remaja?”
            5.      “Bagaimana cara mengatasi kenakalan remaja?”



       C.    TUJUAN PENULISAN
1.      Untuk mengetahui permasalahan dalam pergaulan remaja saat ini.
2.      Untuk mengetahui bentuk-bentuk kenakalan remaja.
3.     Untuk mengetahui apa penyebab terjadinya kenakalan remaja.
4.      Untuk mengetahui cara mengatasi kenalan remaja saat ini.

       D.    METODE PENULISAN
Dalam memperoleh data atau informasi yang akan digunakan untuk penulisan makalah ini, penulis menggunakan metode studi kepustakaan yakni dengan mengambil referensi dari buku-buku dan internet yang relevan dengan topik penulisan makalah ini sebagai dasar  untuk mengetahui dan memperkuat teori yang digunakan.


BAB II
PEMBAHASAN




A.     Pengertian Kenakalan Remaja
Kita tahu bahwa remaja sangat banyak dan sering membuat onar di jalanan. Remaja tidak memikirkan sebab dab akibat yang dilakukannya  mereka hanya tahu senang-senang. Hal tersebut sering disebut kenakalan remaja dan apakah kenakalan remaja itu. Kenakalan remaja adalah perilaku-perilaku yang dilakukan remaja di luar dengan tujuan untuk bersenang-senang bersama teman-temannya.
Menurut Kartono seorang ilmuwan sosiologi mengatakan bahwa kenakalan remaja merupakan gejala patologis sosial pada remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial. Akibatnya, mereka mengembangkan bentuk perilaku yang menyimpang.

B.      Bentuk-bentuk Kenakalan Remaja
Menurut bentuknya, Sunarwiyati S (1985) membagi kenakalan remaja menjadi 3 tingkatan, yaitu :
1.      Kenakalan biasa, seperti suka berkelahi, suka keluyuran, membolos sekolah, pergi dari rumah tanpa pamit.
2.      Kenakalan yang menjurus pada pelanggaran dan kejahatan seperti mengendarai sepeda motor tanpa SIM, mengambil barang orang tua tanpa izin.
3.      Kenakalan khusus, seperti penyalahgunaan narkotika, hubungan seks diluar nikah, pemerkosaan dll. Kategori diatas yang dijadikan ukuran kenakalan remaja dalam penelitian.
                                      
C.     Ciri-ciri Kenakalan Remaja
Ciri-ciri kenakalan remaja adalah tidak mau belajar  karena yang mereka fikirkan hanyalah bersenang-senang dan berpesta pora. Tidak mau di nasehati mereka akan marah dan memaki-maki, mereka merasa kita hanya mengganggu mereka.

D.     Penyebab Terjadinya Kenakalan Remaja
Perilaku kenakalan remaja bisa disebabkan oleh faktor dari remaja itu sendiri (internal) maupun faktor dari luar (eksternal).
1.      Faktor internal
a)      Reaksi frustasi diri.
b)      Gangguan pengamatan dan tanggapan pada anak remaja.
c)      Gangguan berfikir dan intelegensi pada diri remaja.
d)     Gangguan perasaan pada anak remaja.
e)      Masih labilnya emosi  pada anak remaja.
2.      Faktor Eksternal
a)      Keluarga.
b)      Lingkungan sekolah yang tidak menguntungkan.
c)      Media elektronik.
d)     Pengaruh pergaulan.

E.      Dampak Negatif Kenakalan Remaja

Dampak negatif kenakalan remaja adalah bodoh, mereka menjadi bodoh karena mereka tidak mau belajar, tidak pernah belajar dan tidak mau memikirkan pelajaran, tidak dapat mengatur waktu dengan baik. Remaja tidak pernah mempergunakan waktunya dengan baik. Karena waktunya habis terbuang  untuk bermain-main dan bersenang-senang tidak pernah memikirkan pelajaran sekolah. Dan juga dapat merusak positif dan tidak pernah melakukan ibadah akibatnya remaja menjadi nakal dan melakukan perbuatan  yang tidak baik.

F.      Penanggulangan Kenakalan Remaja

Hal-hal yang bisa dilakukan untuk menanggulangi masalah kenakalan remaja :
1.      Kegagalan mencapai identitas peran dan lemahnya kontrol diri bisa dicegah atau diatasi dengan prinsip keteladanan. Remaja harus bisa mendapatkan sebanyak mungkin figur orang-orang dewasa yang telah melampaui masa remajanya dengan baik juga mereka yang berhasil memperbaiki diri setelah sebelumnya gagal pada tahap ini.
2.      Adanya motivasi dari keluarga, guru, teman sebaya untuk melakukan point pertama.
3.      Kemauan orang tua untuk membenahi kondisi keluarga sehingga tercipta keluarga yang harmonis, komunikatif, dan nyaman bagi remaja.
4.      Remaja pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orangtua memberi arahan dengan siapa dan di komunitas mana remaja harus bergaul.
5.      Remaja membentuk ketahanan diri agar tidak mudah terpengaruh jika ternyata teman sebaya atau lingkungan yang ada tidak sesuai dengan harapan.  


BAB III
PENUTUP


            A.    KESIMPULAN
Kenakalan remaja adalah suatu proses yang menunjukkan penyimpangan tingkah laku atau pelanggaran terhadap norma-norma yang ada. Kenakalan remaja disebabkan oleh beberapa faktor baik faktor internal maupun eksternal yang secara potensial dapat membentuk perilaku seorang anak.
Mengatasi kenakalan remaja berarti menata kembali emosi remaja yang tercabik-cabik itu. Emosi dan perasaan mereka rusak karena  merasa ditolak oleh keluarga, orang tua, teman-teman, maupun lingkungannya sejak kecil, dan gagalnya proses perkembangan jiwa remaja tersebut.

           B.     SARAN

1.      Dengan mempelajari ini, kita dapat lebih mengetahui apa saja bentuk-bentuk dan faktor-faktor penyebab terjadinya kenakalan remaja.
2.      Sebagai seorang remaja, kita seharusnya bias bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada perkembangan kenakalan remaja yang sudah memprihatinkan saat ini. Oleh karena itu sebagai salah satu bentuk implementasi dari tanggung jawab tersebut terhadap kenakalan remaja adalah dengan berusaha semaksimal mungkin menjadi remaja yang baik.






DAFTAR PUSTAKA


Soerjono, Soekanto.1998.Sosiologi Penyimpangan.Jakarta:Rajawali.
Wilis, S.1994.Problema Remaja dan Pemecahannya.Bandung:Angkasa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar